Ulangan TIK Nevan Wistara 8B

 Nevan Wistara Waluyo 8B 29


Jawaban:
1. Tujuan analisis data adalah melakukan untuk mengolah data menjadi informasi sehingga karakteristik data tersebut bisa dipahami dan bermanfaat untuk solusi permasalahan, terutama masalah yang berkaitan dengan penelitian. Atau definisi lain dari analisis lain dari analisis data yakni kegiatan yang dilakukan untuk mengubah data hasil dari penelitian menjadi informasi yang nantinya bisa dipergunakan dalam mengambil kesimpulan.


2. Caranya adalah dengan menggunakan Microsoft excel berikut dengan fungsi-fungsinya. Data akan dimasukkan dan kemudian dibentuk pivot table  dan kemudian dibuat visual berupa grafik dan Analisa data lainnya sehingga data dapat dianalisa secara efisien.

 

3. HLOOKUP adalah rumus yang digunakan melihat data secara horizontal (data diurutkan secara horizontal), dengan mengambil nilai dari suatu table_array dimana data range referensi terletak pada baris pertama.

Rumus Excel VLOOKUP adalah rumus yang digunakan melihat data secara vertikal (data diurutkan secara vertikal), dengan mengambil nilai dari suatu table_array dimana data range referensi terletak pada kolom pertama.

 

4. Pivot Table adalah fitur Microsoft Excel yang paling powerful memungkinkan pengguna mengambil informasi dengan cepat dari kumpulan data dalam jumlah besar. Pivot Table dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan analisis data terkait mengelompokkan dan meringkas data. Dengan menggunakan Pivot Table, pengguna dapat menghemat waktu secara signifikan.


5. Fungsi SUMIF adalah fungsi yang dapat kita gunakan untuk menjumlahkan total data dengan satu kriteria atau kondisi

Fungsi COUNTIF adalah fungsi yang dapat kita gunakan untuk menghitung banyaknya data atau frekuensi dengan satu kriteria / kondisi.


6. Menyederhanakan atau meringkas kumpulan data hasil pengukuran sedemikian rupa sehingga kumpulan data tsb berubah menjadi informasi berguna. Peringkasan dapat berupa ukuran-ukuran statistic, table dan grafik. Peringkasan data, merupakan salah satu penerapan dari konsep abstraksi dalam berpikir komputasional, dengan hanya menampilkan data yang penting, dan kemudian dapat melakukan pencarian lebih dalam jika diperlukan.


7. Sangat  penting karena bisa membantu menganalisa data untuk penelitian karya tulis yang merupakan tugas kelas 8.


8. 1.) Pilih tombol Insert pada menu bar

    2.) Klik ikon chart yang berbentuk grafik
    3.) Pilih jenis grafik
    4.) Masukkan data ke grafik 
    5.) Atur tampilan grafik.


9. Pencarian data sering juga disebut table look-up atau storage and retrieval information adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin.


10. Visualisasi data adalah tampilan berupa grafis atau visual dari informasi data.


11. Pengolahan data adalah suatu proses mengumpulkan, mengubah dan menganalisa data menjadi sebuah laporan yang berguna.


12. Look updalah satu fungsi pencarian dalam referensi saat kita harus mencari di dalam satu baris atau satu kolom dan menemukan nilai dari posisi yang sama dalam baris atau kolom kedua.


13. Fungsi MATCH mencari posisi sel dalam baris atau kolom.

Fungsi INDEX mengambil nilai sel dalam table berdasarkan kolom dan baris..
Fungsi choose digunakan untuk memilih salah satu nilai dari sekumpulan argument nilai yang diberikan berdasarkan nomor indeks atau urutan tertentu.


14. Ya mempermudah daam menganalisis data.


15. SUMIFS


16. Ya berguna karena  untuk mengunci kolom atau baris atau keduanya. Absolute reference akan menghasilkan formula yang alamat cell nya tidak berubah dimanapun formula tersebut dicopy.


17. Ya saya senang mempelajari analisis data karena bisa mempermudah pengolahan data dan bisa mengetahui lebih lanjut tentang pengolahan data.


18. Lama waktunya, tidak beraturan, dan banyak kesalahan.


19. Pivot artinya poros, yang hubungannya dengan pivot table adalah sesuai fungsinya yaitu table interaktif yang sangat cepat dalam menganalisa, mengkombinasikan dan membandingkan sejumlah data baik sedikit atau banyak sehingga menjadi sebuah laporan berbentuk table-table


20. Saya dapat memahami kegunaannya untuk memudahkan menganalisis data.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Games untuk Belajar

Pengalaman PTM Hari Pertama

Jaringan Komputer dan Internet-Nevan 8B 28