Bab 8 Dampak Sosial Informatika


 


Assalamualaikum semuanya! Balik lagi dengan saya, Nevan dan pada kali ini saya akan merangkum Informatika bab 8 yaitu Dampak Sosial Informatika. Manusia merupakan makhluk sosial yang akan selalu berhubungan dengan orang lain. Dengan menggunakan gawai yang terhubung dengan orang lain, memungkinkan kontak sosial yang makin intensif. 

Contoh pengaruh TIK dalam kehidupan kita sebagai berikut:

a. Aktivitas keseharian:  Saat ini, kita dapat mengerjakan aktivitas keseharian kita dengan mudah. Kita dapat berbelanja seperti berbelanja di mall/pasar dengan online-shopping pada virtual mall seperti: Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya.

b. Pendidikan/e-learning: :Saat pandemi Covid-19 tahun 2020, proses pembelajaran di kelas digantikan dengan pembelajaran daring mengguna kan media e-learning. E-Learning adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara elektronik baik dalam hal interaksi antara siswa dan guru, materi, dan aktivitasnya.

c. Kesehatan: Ketika kita sakit, saat ini, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke dokter. Kita bisa menggunakan tele-medicine dimana kita bisa bertemu dengan dokter secara virtual untuk berkonsultasi tentang sakit yang kita idap.

d. Perdagangan:  Perdagangan secara online disebut e-commerce. Saat ini, negara kita memiliki situs e-commerce besar, seperti: Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Situs ini seperti mall atau pasar yang dijalankan secara virtual. Seseorang bisa membeli barang yang dijual di situs ini

e. Pekerjaan: Dengan berkembangnya TIK, terbuka lapangan pekerjaan yang memerlukan keahlian TIK. Pekerjaan tersebut bisa dilakukan dari rumah. di antaranya ialah: pengembang web, pengembang aplikasi, atau programmer.

Dampak positif dan negatif teknologi informasi dan komunkasi:

Dampak Positif:

1.Pengelolaan kegiatan keseharian: Saat ini, kegiatan keseharian kita dapat dikelola dengan bantuan TIK yang berdampak pada produktivitas yang meningkat.

2. Komunikasi dan hubungan sosial: TIK menyediakan fasilitas yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain. 

3. Pencarian informasi dan berbagi informasi: Penggunaan TIK mempermudah kita mendapatkan informasi. Dengan menggunakan kecanggihan mesin pencari (search engine), kita dengan cepat mendapatkan informasi yang kita cari.

4. Hiburan: Selain untuk kegiatan yang formal, TIK juga memberikan dampak positif untuk dunia hiburan (entertainment)

5. Pendidikan: Inovasi dalam pendidikan berkembang dengan hadirnya TIK, media belajar makin menarik dengan hadirnya multimedia yang interaktif.

6. Lingkungan tanpa kertas (paperless): Penggunaan TIK untuk berbagai kegiatan dengan menyimpan data, dan informasi dalam berbagai bentuk ile menyebabkan menurunnya penggunaan kertas secara signifikan.

Dampak Negatif:

1. Penyebaran informasi yang salah: Saat ini, dengan berkembangnya sosial media internet, penyebaran informasi menjadi sangat mudah dilakukan.

2. Kecanduan internet dan game: Penggunaan internet di kalangan anak muda dengan berbagai aplikasi media sosial dan game yang makin menarik dapat menyebabkan kecenderungan terjadinya kecanduan internet dan game.

3. Cyberbullying: Fenomena lain dengan adanya media sosial ialah fenomena kekerasan dan ejekan (bullying) di internet.

4.  Berkurangnya aktivitas sosial

Kolaborasi Dunia Maya

Praktik baik dalam kolaborasi maya sepereti berikut:

1. Menentukan tujuan dan fokus

2. Menyepakati dokumentasi kegiatan kolaborasi

3. Saling mengecek secara reguler

4. Menggunakan perkakas terbaik.

5. Menjaga kesehatan

6. Bersosialisasi dengan anggota tim

7. Hindari multitasking

Tantangan dan hambatan:

 1. Perbedaan waktu antarzona dari anggota tim dapat menjadi salah satu penghambat saat berkomunikasi. 

2. Koneksi internet: Kolaborasi maya dengan bergantung pada koneksi internet menyebabkan perbedaan kecepatan akses internet menjadi salah satu hambatan. Lambatnya koneksi dari satu pengguna akan memengaruhi pengguna lainnya.

Informasi Pribadi dan Hukum Pribadi

Hukum privasi adalah hukum yang merujuk pada pengelolaan, penyimpanan, dan penggunaan informasi pribadi.

Tiga aspek kunci privasi yang harus dijaga di antaranya seperti berikut. 

1. Kebebasan dari gangguan. Kebebasan ini adalah kebebasan bagi setiap manusia untuk sendiri tanpa diganggu oleh orang lain.

 2. Melindungi dan mengendalikan informasi tentang diri sendiri. 

3. Bebas dari pengawasan (diikuti, dilacak, diawasi, disadap)

Sekian Terimakasih



Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Games untuk Belajar

Pengalaman PTM Hari Pertama

Teknologi Informasi dan Komunikasi