Pengalaman Games untuk Belajar

 

Halo semua nama aku Nevan Wistara Waluyo dari kelas 8B absen 28 dari sekolah SMP Labschool Jakarta. Nah, hari ini aku lagi belajar informatika. Ada berbagai cara untuk belajar informatika dan salah satumya adalah dengan bermain games. Pastinya, banyak siswa/siswi yang suka atau hobi bermain games. Saya sendiri, hampir setiap hari bermain games. 


Nah tidak lama-lama ini, aku mulai belajar mengcoding sebuah game online. Aku membuat berberapa games seperti bunny jump, corona buster, dan lain-lain. Dari membuat game-game ini, ilmu dan wawasan aku dalam hal informatika mulai mengembang. Salah satu aplikasi yang membantu aku untuk belajar informatika adalah scratch. Scratch adalah sebuah aplikasi untuk membuat atau mengcode sebuah game.



Aplikasi ini sangat membantu aku baik dalam hal sekolah dan juga soft skills pridbadi. Aplikasi ini mengajarkan aku untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif, innovatif, dan juga membantu serta meningkatkan kemampuan berpikir atau critical thinking. Nah, bagaimana aplikasi ini mengajarkan aku dalam hal inii?

Dalam scratch, kita bisa membuat sebuah game online yang sesuai dengan kemauan atau keinginan kita. Satu tahun lalu, aku membuat sebuah game online menggunakan scratch yatu game tembak-tembakan menggunakan tank. Dari hal ini, aku belajar untuk menjadi lebih kreatif dan innovatif.

Bagaimana kita menambah kemampuan berpikir atau critical thinking ketika mempelajari scratch? Nah, pastinya membuat code itu merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Kita harus belajar macam-macam fungsi sebuah blok code dalam scratch. Nah ketika sudah mempelajari seluruh fungsi dalam aplikasi code itu, kita tinggal menerapkan code tersebut untuk dipakai dalam game yang kita akan buat. Kita bisa meningkatkan kemampuan berpikir dengan berpikir bagaimana cara agar code yang kita buat itu akan jalan. Mungkin ketika kita sudah membuat seluruh code yang ingin dibuat, ada berberapa kesalahan dalam code kita.

Nah sekiranya segitu saja dari pengalaman aku dalam belajar informatika menggunakan permainan scratch. Sekian, terimakasih semoga berfanfaat.

Waalaikumsalam wbb.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman PTM Hari Pertama

Teknologi Informasi dan Komunikasi